Menurut Ayu, kegiatan tersebut merupakan salah satu upaya untuk melestarikan dan mengembangkan seni tradisional masyarakat. Pasalnya potensi seni dan budaya di wilayah Sleman cukup besar berikut kreativitas masing-masing. ” Pentas kesenian dan budaya yang ditampilkan menyesuaikan dengan kearifan lokal masing-masing wilayah. Mereka mampu mengemas penampilannya sesuai kreatifitas tiap-tiap kelompok,” ucapnya. Laboratorium Seni dan Budaya Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha merupakan sarana peningkatan apresiasi dan literasi mahasiswa terhadap nilai budaya, kearifan lokal dan pembangunan karakter bangsa melalui kegiatan-kegiatan di bidang seni yang meliputi seni rupa, seni tari, seni musik, seni teater, dan seni sastra. Laboratorium dilengkapi dengan alat songs tradisional maupun modern serta peralatan-peralatan seni yang mendukung kegiatan belajar dan mengajar.

Oleh karena itu, penting bagi masyarakat dan pemerintah untuk mendukung pengembangan seni dan budaya sebagai upaya untuk memperkuat identitas kolektif dan memajukan masyarakat secara keseluruhan. Seni dan budaya memainkan peran yang sangat penting dalam memperkuat identitas masyarakat. Identitas masyarakat merujuk pada karakteristik unik, nilai-nilai, tradisi, dan warisan budaya yang menjadi ciri khas suatu kelompok atau komunitas. Melalui berbagai ekspresi seni dan budaya, sebuah masyarakat dapat menggali dan memperkuat identitas mereka, menjaga warisan budaya mereka, serta mempromosikan keragaman dan persatuan di antara anggotanya. Kegiatan Festival Budaya Kabupaten Bogor 2023 di Puncak ini diikuti oleh berbagai komunitas dan pelaku seni budaya dari seluruh Kabupaten Bogor Kegiatan ini menampilkan berbagai macam pertunjukan seni dan budaya, seperti tari tradisional, musik tradisional, seni rupa, dan kuliner khas Bogor

Hasil wawancara dengan Jupel Goa Langkop, pengunjung yang datang umumnya kalangan Mahasiswa yang berkaitan dengan studi keilmuan-nya, kalangan Masyarakat sebagai Pecinta Kesejarahan dan Instansi pemerintah yang menangani masalah ini data kunjungan menunjukan kurang lebih orang perbulan yang datang ke tempat ini. Kelima, aktualisasi seni budaya Nusantara melalui diplomasi budaya, yakni dengan melakukan kolaborasi diplomasi budaya antara pelaku seni, seniman, maestro, Perguruan Tinggi Seni dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia di luar negeri. Asahan ke-IV Tahun 2019 yang merupakan kegiatan rutin yang di programkan Pemerintah Daerah Kab. Asahan setiap dua tahun sekali pada malam hari ini telah memasuki puncak akhir kegiatan.

Asahan dengan seni budaya yang berbeda-beda menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Kab. Sumbing Nomor 12 Semarang, dengan melihat langsung kegiatan ekstrakurikuler Master Agama Hindu Kota Semarang (01/06). Selanjutnya, memanfaatkan teknologi untuk mendiseminasikan dan mengaktualisasi karya-karya seni. Menurutnya, kolaborasi kesenian dan kebudayaan dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. Kesenian word play here dapat menjadi sarana menciptakan ketahanan budaya yang dapat memperkuat ketahanan nasional. Artinya, insan seni, budaya dan ekonomi kreatif harus selalu konsisten pada jalur yang menjadi bidang atau disiplin ilmunya.

Kegiatan ini dapat menjadi sarana untuk meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap budaya Bogor, melestarikan budaya Bogor, dan mengembangkan potensi wisata di Puncak. Ketiga, aktualisasi ke-Indonesia-an untuk generasi milenial, yang meliputi pengayaan literasi tentang tradisi, adat, seni budaya, dan kearifan Nusantara, serta penumbuhan ruang-ruang kreatif (innovative center) milenial berbasis kelokalan, lintas wilayah, dan lintas kultural. Keempat, aktualisasi seni budaya Nusantara sesuai dengan perkembangan zaman, meliputi memadukan penyebaran konten seni budaya Nusantara melalui berbagai media/platform digital dan fasilitasi occasion apresiasi seni budaya Nusantara yang berkelanjutan. Eva mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan ini karena dapat menjadi langkah untuk melestarikan budaya daerah bagi generasi muda.

Komunitas Sastra

Masyarakat dapat belajar tentang berbagai cerita dan lakon wayang golek, serta nilai-nilai budaya Sunda yang terkandung di dalamnya. ” Jika pementasan ini menjadi program prioritas Pemerintah Kabupaten Batu Bara, kami beserta seluruh anggota DPRD akan senantiasa mendukung sesuai tugas kami. Dan acara ini terus berkesinambungan sehingga dapat memotivasi masyarakat Untuk mencintai seni yang ada,” tutur M. Pentas seni budaya ini berlangsung selama dua hari dimulai 7-8 Juli yang diprakarsai oleh Disbudporapar Kabupaten Batu Bara dengan menampilkan kesenian berbagai etnis yang ada di Kabupaten Batu Bara. Jazziray menyampaikan, tujuan pertemuan adalah untuk memperoleh masukan dari para pegiat seni terkait kebijakan tentang literasi, inovasi dan kreativitas, serta pemajuan kebudayaan. Tidak hanya itu, lebih lanjut Ony Anwar mengatakan kegiatan ini juga sebagai bentuk pelestarian budaya masyarakat agar tidak punah yang rencananya juga akan di road show di sejumlah wilayah Kabupaten Ngawi.

Tahun 2019 ini, PSB mengangkat tema “Dengan Pentas Seni dan Budaya Mari Menjaga Keharmonisan di Riau Kompleks”. Edy menilai Riau Kompleks RAPP memiliki masyarakat yang bijaksana dalam menyikapi perbedaan, menjunjung tinggi toleransi, dan dapat membangun semangat keagamaan dan nasionalisme. Bali tourism destinations hidup berdampingan dalam perbedaan, warga sadar bahwa bersatu dalam multikulturalisme ‘Bhinneka Tunggal Ika’, berbeda tapi tetap satu, yaitu bangsa Indonesia. Semua itu lanjutnya, milik bangsa yang wajib dijaga, dilestarikan, dipelihara dan dikembangkan.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Bali sekaligus Ketua Dewan Penyantun ISI Denpasar Wayan Koster menerangkan bahwa pembangunan di Bali menerapkan kebudayaan sebagai haluan pembangunan. “Oleh karena itu, saya sebagai gubernur mengeluarkan kebijakan yang berpihak untuk memajukan adat istiadat, tradisi seni budaya dan kearifan lokal Bali,” tandasnya. SAMARINDA – Gubernur Kaltim Dr H Isran Noor mengapresiasi siapapun yang selalu melestarikan seni dan budaya Indonesia, terutama yang dimiliki daerah ini.

Hari Pendidikan Nasional – Penutupan Pekan Hardiknas, Sabtu, 6 Mei 2023

Serta selalu berkembang untuk menghasilkan karya seni sebagai ekspresi rasa keindahan dari dalam jiwa manusia yang berkualitas. JAKARTA– Pengembangan kebudayaan dan pariwisata bisa menjadi modal dalam menggerakkan pembangunan. Dengan demikian, pemerintah sangat menaruh harapan agar masyarakat, akademisi, termasuk juga insan/pekerja seni, untuk berkolaborasi melakukan berbagai terobosan, inovasi, dan langkah-langkah ke depan untuk ikut membangun kemajuan bangsa Indonesia. ” Sudah dua tahun ini vakum tidak ada kegiatan dan saya harapkan setelah pandemi bisa kita kendalikan, kita harapkan aktivitas itu bisa dimulai lagi. Seni tradisi, seniman rakyat, wayang orang, reog, ketoprak, semuanya harus hidup kembali dalam rangka merawat, memelihara seni budaya kita,” ucap Presiden. Keseimbangan antara kedua jenis aktifitas tersebut menyebabkan seimbangnya fungsi otak kiri dan otak kanan dan optimalnya penggunaan otak manusia.

Anggota Satlinmas Se-bangka Tengah Dikukuhkan Oleh Bupati, Siap Hadapi Pemilu Serentak 2024

Kemarin, masyarakat berbondong-bondong menyaksikan beragam pentas dan atraksi kesenian jathilan, orchestra serenade, tarian teatrikal, flashmop di Panggung KRT Pringgodiningrat. Meski diselingi hujan, antusiasme peserta dan masyarakat cukup tinggi menyaksikan parade tersebut. Kebudayaan merupakan sebuah konsep yang membentuk aktifitas interaksi manusia, baik dalam bentuk aktifitas interaksi manusia dengan manusia, manusia dengan Sang Pencipta dan manusia dengan segala hasil “ciptaanNya”. Ia merupakan suatu hubungan yang kompleks dan saling menyangga kelansungan hidup manusia. Adapun hubungan yang kompleks dan saling menyangga dimaksud mengenai hubungan unsur-unsur kebudayaan.